Kumpulan Resep Masakan, Resep Minuman, Resep Kue dan Resep Praktis untuk Seluruh Keluarga Indonesia.

March 1, 2020

Resep Bakpao Ekonomis dan Empuk


Bismillah | resepklg.blogspot.com Biasanya bakpao itu identik dengan bentuknya yang bulat, permukaannya yang licin mengkilat dan empuk jika ditekan-tekan. Untuk mendapatkan ciri-ciri tersebut sekarang bukan perkara yang sulit kok dengan modal yang sedikit alias ekonomis dan tentunya tkesturnya yang empuk dapat dipertahankan.

Bakpao Ekonomis dan Empuk by Abu Mumtaz
Bakpao Ekonomis dan Empuk
by Abu Mumtaz

Bahan :
300 gram (+/- 20 sdm) tepung protein rendah
15 gram (+/- 1 sdm) tepung tapioka/kanji
70 gram (+/- 4 sdm) gula halus/pasir
2 gram (+/- 0,5 sdt) baking soda
4 gram (+/- 1 sdt) instant yeast
20 gram margarin/margarin putih
150 ml air/susu cair

Cara membuat :
Campurkan semua bahan kecuali air dan margarin, aduk rata di mangkok/ baskom agak besar. Masukkan air sedikit demi sedikit dan setelah terasa telah tercampur, tambahkan margarin dan ulen hingga kalis atau tidak lengket.
Setelah adonan kalis, diamkan selama +/- 15 menit agar adonan istirahat. Setelah 15 menit bagi adonan menjadi bagian-bagian kecil. Sebagai percobaan, bagi sebanyak 10 buah atau kurang lebih 50 gram/bagian. Gunakan kertas kue berbentuk bulat atau daun pisang sebagai alas masing-masing adonan kecil tersebut.
Setelah selesai dibagi menjadi bagian kecil, diamkan lagi selama 10 menit. Setelah 10 menit diistirahatkan maka adonan kecil-kecil tersebut dapat diberi isi sesuai selera. Dapat berupa coklat, kacang hijau, ayam atau lainnya.
Setelah diberi isi adonan kembali didiamkan selama 30-60 menit atau mengembang hingga 2x lipat.
Bakpao siap dikukus, gunakan panci atau dandang untuk mengukus. Sebagai antisipasi agar adonan tidak terkena air tetesan dari tutup panci, maka gunakan kain sebagai alas tutup panci yang digunakan. Karena jika air menetes pada bagian atas bakpao biasanya bakpao akan mengerut dan bentuknya tidak mulus seperti yang diharapkan. Jangan lupa untuk proses mengukusnya paling lama 10 menit saja. Bakpao siap dihidangkan.
Resep Bakpao Ekonomis dan Empuk by Abu Mumtaz

Bakpao praktis ini setelah dingin dapat dihangatkan dalam magicom (alat penghangat nasi) dengan durasi waktu 3-5 menit saja untuk mengembalikan rasa hangatnya. Pada dasarnya kebanyakan penikmat bakpao mengakui bahwa bakpao ekonomis dan empuk ini lebih cocok dimakan selagi hangat dengan cocolan sambal jika isi bakpao adalah ayam tumis. Jika isinya coklat dan variannya yang terasa manis maka cukup dan dapat langsung dimakan tanpa cocolan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.



Tags :

Related : Resep Bakpao Ekonomis dan Empuk